Proses Penuaan Dapat Diperlambat dengan Perubahan Gaya Hidup Positif

proses penuaan
Perubahan gaya hidup positif, seperti menerapkan pola makan sehat dan olahraga secara teratur, dapat memperlambat proses penuaan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Lancet Oncology.

Peneliti dari University of California di San Francisco telah menemukan bahwa perubahan gaya hidup tertentu dapat menambah panjang telomere.

Telomere adalah protein DNA kompleks yang ditemukan di ujung kromosom yang mengendalikan proses penuaan. Telomere melindungi ujung kromosom dari menjadi rusak. Jika telomere memendek atau rusak, sel-sel menua dan mati lebih cepat, dan memicu proses penuaan.

telomeres
Para peneliti mengatakan usia biologis manusia bisa diprediksi dengan panjang telomerenya. Telomere yang lebih pendek berhubungan dengan risiko tinggi kematian dini dan penyakit yang berkaitan dengan usia, termasuk sebagian besar kanker (payudara, prostat, kolorektal dan paru-paru), penyakit jantung, demensia vaskular dan obesitas.

Untuk penelitian tersebut, para peneliti menganalisis dua kelompok pria yang telah didiagnosis dengan kanker prostat berisiko rendah. Kedua kelompok tidak menjalani pengobatan konvensional apapun untuk kankernya, seperti operasi atau radiasi.

Kelompok pertama diminta untuk membuat perubahan gaya hidup yang komprehensif, seperti:
  • Menerapkan pola makan nabati
  • Melakukan olahraga sedang rutin
  • Menerapkan teknik manajemen stres, seperti meditasi dan yoga, dan
  • Menerapkan pola keakraban dan dukungan sosial yang lebih besar

Sedangkan kelompok kedua tidak diminta untuk membuat perubahan gaya hidup.

Para peneliti mengukur panjang telomere para peserta pada awal studi dan mengukurnya lagi di akhir penelitian, 5 tahun kemudian.

Perubahan Gaya Hidup Positif Meningkatkan Panjang Telomere

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang membuat perubahan gaya hidup menunjukkan panjang telomerenya meningkat 10%, sedangkan pria yang tidak melakukan perubahan gaya hidup menunjukkan panjang telomernya malah menurun 3%.

Selain itu, hasil penelitian menunjukkan semakin baik peserta melakukan perubahan positif pada gaya hidup mereka, semakin tinggi pula peningkatan panjang telomerenya.

Para penulis penelitian mengatakan:

"Setelah 5 tahun, panjang telomere relatif meningkat pada kelompok yang diberikan intervensi gaya hidup dan menurun pada kelompok kontrol, perbedaan antara kedua kelompok adalah signifikan. Kami juga menemukan korelasi antara tingkat kepatuhan terhadap perubahan gaya hidup dan tingkat perubahan panjang telomere relatif. "

Para peneliti mengatakan bahwa meskipun penelitian ini tidak dilakukan untuk menentukan bagaimana perubahan gaya hidup akan mempengaruhi kanker prostat peserta, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup positif dapat menunda perkembangan kanker pada stadium awal (Baca juga: Dapatkah kanker dicegah?).

"Implikasi dari penelitian percobaan yang relatif kecil ini mungkin bahkan dapat melampaui hasil penelitian kanker prostat," kata Profesor Dean Ornish dari Preventive Medicine Research Institute di University of California, San Francisco.

"Jika divalidasi oleh percobaan terkontrol acak skala besar, perubahan gaya hidup yang komprehensif secara signifikan dapat mengurangi risiko berbagai penyakit dan kematian dini”.

Namun Profesor Dean Ornis mengakui, “Gen dan telomere kita, adalah faktor predisposisi, namun keduanya belum tentu menentukan nasib kita."

Para peneliti mengatakan bahwa studi lebih lanjut yang melibatkan populasi yang lebih besar dan bervariasi akan berguna dalam menentukan bagaimana gaya hidup lebih mempengaruhi panjang telomere manusia.
Share this article :
 
Comments
17 Comments

+ comments + 17 comments

Salam sehat

2 Juni 2015 15.02

Salam sehat

Thanks for sharing gan

5 Juni 2015 15.45

Terimakasih atas informasinya min. Ditunggu informasi selanjutnya.

8 Juni 2015 11.09

Salam sehat gan

9 Juni 2015 13.05

Thanks for sharing

12 Juni 2015 11.17

Thanks for an amazing post.

15 Juni 2015 14.28

Salam sehat

Thanks for sharing

25 Juni 2015 12.46

Terimakasih atas informasinya

30 Juni 2015 14.56

Thanks for sharing

Informasi yang sangat bermanfaat

Thanks for sharing

13 Juli 2015 12.54

infonya sangat bermanfaat, terima kasih

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger