Waktu Tidur yang Tidak Teratur Dapat Mengurangi Kekuatan Otak Anak

anak tidur
Tidur pada waktu yang berbeda setiap malam selama usia dini tampaknya berdampak mengurangi kekuatan otak anak-anak, menurut sebuah studi jangka panjang yang diterbitkan secara online dalam Journal of Epidemiology and Community Health.

Mengingat pentingnya perkembangan anak usia dini pada kesehatan selanjutnya, mungkin ada efek yang dapat berimbas pada kehidupan mereka selanjutnya akibat dari pengekangan kekuatan otak tersebut.

Para penulis melihat apakah waktu tidur pada anak usia dini berhubungan dengan kekuatan otak di lebih dari 11.000 orang anak berusia tujuh tahun, yang semuanya merupakan bagian dari Millennium Cohort Study (MCS) Inggris.

MCS adalah studi jangka panjang pada anak-anak Inggris yang lahir antara September 2000 sampai Januari 2002, dan penelitian ini dilakukan melalui survei reguler dan kunjungan rumah dibuat ketika anak-anak berusia 3, 5, dan 7 tahun, untuk mencari tahu tentang aktivitas rutin keluarga, termasuk waktu tidur.

Para penulis ingin mengetahui apakah waktu tidur anak dan konsistensinya memiliki dampak pada kinerja intelektual, yang diukur menggunakan skor tes membaca, matematika, dan kesadaran spasial yang telah divalidasi. Mereka ingin tahu apakah efek tersebut bersifat kumulatif dan/atau apakah ada periode tertentu pada anak usia dini yang lebih penting daripada periode yang lain.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu tidur yang tidak teratur paling umum terjadi pada usia 3 tahun, yaitu sekitar satu dari lima anak tidur pada waktu yang berbeda-beda. Pada usia 7 tahun, lebih dari separuh anak-anak tidur secara teratur antara jam 7.30-08.30.

Sebuah temuan tambahan menunjukkan bahwa anak-anak yang waktu tidurnya tidak teratur atau yang tidur setelah jam 9 berasal dari latar belakang yang kurang beruntung secara sosial.

Ketika mereka berusia 7 tahun, anak perempuan yang memiliki waktu tidur tidak teratur memiliki skor yang lebih rendah pada ketiga aspek kecerdasan yang dinilai daripada anak-anak dengan waktu tidur biasa, setelah memperhitungkan faktor-faktor yang berpotensi lainnya. Tapi ini tidak terjadi pada anak laki-laki berusia 7 tahun.

Waktu tidur yang tidak teratur pada usia 5 tahun tidak terkait dengan kekuatan otak yang lebih buruk pada anak perempuan atau anak laki-laki pada usia 7 tahun. Akan tetapi, waktu tidur yang tidak teratur pada usia 3 tahun dikaitkan dengan skor yang lebih rendah dalam kemampuan membaca, matematika, dan kesadaran spasial pada kedua kelompok, baik anak laki-laki maupun perempuan, yang menunjukkan bahwa sekitar usia 3 tahun bisa menjadi periode sensitif bagi perkembangan kognitif.

Dampak dari Waktu Tidur yang Tidak Teratur Tampaknya Kumulatif


Anak perempuan yang tidak pernah mempunyai waktu tidur yang rutin pada usia 3, 5, dan 7 tahun memiliki kemampuan membaca, matematika dan skor kesadaran spasial yang secara signifikan lebih rendah dibandingkan anak perempuan yang telah memiliki waktu tidur yang konsisten. Dampaknya juga sama pada anak laki-laki, tetapi hanya terjadi setiap dua dari tiga titik waktu.

Para penulis menunjukkan bahwa waktu tidur yang tidak teratur dapat mengganggu irama tubuh alami dan menyebabkan kurang tidur, sehingga merusak plastisitas otak dan kemampuan untuk mendapatkan dan mempertahankan informasi.


"Tidur adalah harga yang harus kita bayar untuk plastisitas otak pada hari sebelumnya dan investasi yang dibutuhkan untuk memungkinkan belajar segar pada keesokan harinya," penulis menjelaskan. Dan mereka menambahkan: "perkembangan dini pada anak memiliki pengaruh besar pada kesehatan dan kesejahteraan mereka pada tahap kehidupan selanjutnya. Oleh karena itu, waktu tidur yang tidak teratur atau tidur yang terganggu, terutama jika terjadi pada saat-saat penting dalam fase perkembangan, bisa memiliki dampak penting terhadap kesehatan sepanjang hidup.."


Share this article :
 
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger