Dapatkah kanker dicegah?

rajin olahraga
Banyak orang meyakini bahwa penyakit kanker adalah murni dikarenakan genetik, takdir atau nasib buruk. Tetapi melalui penelitian ilmiah, kita tahu bahwa risiko kanker sebenarnya tergantung pada kombinasi dari faktor genetik, lingkungan dan gaya hidup, yang sebagian besar aspek-aspek tersebut dapat kita kontrol.

Beberapa penelitian di Inggris menemukan bahwa satu dari tiga orang akan terkena kanker di beberapa titik dalam fase hidup mereka, dan setiap tahun sekitar 309.500 orang terdiagnosa penyakit kanker.

Tetapi para ahli memperkirakan bahwa lebih dari empat dari 10 kasus kanker dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup, seperti:
  • Tidak merokok
  • Menjaga berat badan ideal
  • Mengurangi konsumsi alkohol
  • Makan makanan yang sehat dan seimbang
  • Aktif berolahraga
  • Pekerjaan yang sehat

Beberapa orang lebih berisiko terkena kanker sebagai akibat dari bahan kimia atau pekerjaan mereka. Peningkatan keselamatan di tempat kerja akan mengurangi risiko beberapa jenis penyakit.

Apakah pencegahan menjadi jaminan untuk tidak terkena kanker?

Pencegahan kanker tidaklah seperti mencegah penyakit menular dengan menyuntikkan vaksin. 'Hidup sehat' bukanlah jaminan utama untuk terhindar kanker. Akan tetapi, gaya hidup sehat dapat "mengurangi risiko" penyakit kanker.

Sebagai contoh, kita mengetahui bahwa adalah mungkin bagi seorang perokok berat untuk menjalani hidup bebas dari kanker, sementara orang yang tidak pernah menyentuh rokok dapat terkena kanker paru-paru. Tetapi, jika kita melihat secara keseluruhan, kita dapat dengan jelas melihat bahwa non-perokok jauh lebih kecil kemungkinannya untuk terkena kanker daripada perokok.

Dengan cara yang sama, pengemudi yang hati-hati tidak dapat menjamin bahwa ia tidak akan pernah mengalami kecelakaan karena kejadian di luar kendali mereka, tetapi ia akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kecelakaan daripada pengemudi yang sembrono.

Dapatkah perubahan gaya hidup benar-benar membuat perbedaan?

Ya, dan bukan hanya untuk kanker. Pada tahun 2008, sebuah studi besar berhasil mengidentifikasi kombinasi dari empat perilaku sehat yang mempengaruhi kesehatan masyarakat. Perilaku sehat tersebut adalah: tidak merokok, rajin berolahraga, tidak mengonsumsi alkohol, dan makan cukup buah dan sayuran harian.

berhenti merokok
Orang yang melakukan semua perilaku sehat tersebut memperoleh rata-rata 14 tahun hidup lebih lama dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan satu pun dari perilaku sehat tersebut. Pada akhir penelitian, para peserta penelitian yang menjalankan gaya hidup sehat lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal akibat kanker atau penyakit jantung.

Dan studi lain menunjukkan sepertiga dari kejadian kanker terkait dengan merokok, alkohol, makanan atau kelebihan berat badan.

Pencegahan memainkan peran penting dalam perang melawan kanker, karena:
  • Kita tidak akan pernah menemukan obat tunggal untuk kanker karena sebenarnya kanker merupakan sebuah kelompok yang terdiri lebih dari 200 penyakit, yang sebagian besar membutuhkan banyak perawatan yang berbeda.
  • Sebagian besar jenis kanker yang sulit untuk dideteksi secara dini dan diobati secara efektif sebenarnya dapat dicegah. Kelompok kanker ini termasuk kanker paru-paru dan kanker esofagus.
  • Banyak kanker yang umum sebagian besar dapat dicegah, termasuk kanker paru-paru, usus dan mulut, dan melanoma maligna.
  • Meskipun angka harapan hidup untuk kanker banyak yang tinggi, hidup dengan kanker dan menjalani pengobatan dapat menjadi pengalaman yang sulit.


Bagaimana cara kerja pencegahan kanker?

Sementara sebagian kecil kanker disebabkan oleh gen yang diwariskan, sebagian besar dipicu oleh kerusakan DNA yang terakumulasi selama seumur hidup seseorang. DNA adalah instruksi manual molekul yang memberitahu sel-sel kita apa yang harus dilakukannya.

DNA yang rusak dapat membuat sel-sel tumbuh dan membelah secara tak terkendali (ciri khas dari semua kanker).

Dalam banyak kasus, hidup sehat mengurangi risiko kanker dengan mengurangi eksposur terhadap hal-hal yang merusak DNA, yaitu:
  • Banyak racun dalam asap rokok
  • Bahan kimia yang diproduksi dalam tubuh ketika minum alkohol
  • Radiasi ultraviolet di bawah sinar matahari dan sumber radiasi
  • Membuat pilihan yang sehat, seperti menjaga berat badan ideal, juga dapat mengurangi kadar molekul yang membuat sel-sel kita membelah lebih cepat dari biasanya, hormon estrogen misalnya.


Semoga bermanfaat dan dapat di-share dengan yang lain….
Share this article :
 
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger