10 Alasan Kenapa Seks Dapat Membantu Anda Lebih Sehat

Kehidupan seks yang sehat adalah penting untuk hidup sehat dan bahkan dapat membantu untuk hidup lebih lama.

Apakah seks benar-benar penting? Dengan semakin banyaknya riset yang dilakukan mengenai topik ini, maka semakin banyak pula bukti yang membuktikan bahwa melakukan hubungan seks yang sehat adalah penting untuk hidup sehat, bahkan seks dapat membantu hidup lebih lama. Kok bisa?

Menurut seorang ahli seksologi, Dr. Irwin Goldstein, yang juga Direktur Sexual Medicine di Rumah Sakit Alvarado, jika Anda membaca hasil penelitian-penelitian terbaru, "anda pasti menyimpulkan bahwa aktivitas seksual dapat membantu untuk hidup lebih sehat. Tuhan membuat kita melakukan ini bukan tanpa alasan, bukan hanya untuk meneruskan keturunan. Aktivitas ini bisa membuat kita sehat, lebih bahagia, lebih aktif secara fisik dan mental, kadar hormonal yang lebih baik, dan lebih menyenangkan".

Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan manfaat kesehatan yang sangat spesifik dihasilkan dari kehidupan seks yang sehat dan aktif. Berikut akan dipaparkan sepuluh hasil penelitian yang dimaksud.

1.  Membantu Melindungi dari Pilek dan Flu


Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Wilkes, orang yang berhubungan seks beberapa kali seminggu cenderung memiliki kadar immunoglobin antibodi A (IgA) yang lebih tingi dibandingkan mereka yang berhubungan seks kurang dari sekali seminggu. Apa artinya? "IgA adalah garis pertahanan pertama dari antibodi yang melindungi tubuh dari pilek dan flu," kata Carl Charnetski, salah seorang peneliti dari Wilkes tersebut.

2.   Membakar Kalori


Seks meningkatkan aliran darah, dan membantu jantung memompa lebih aktif. Sederhananya, seks adalah olahraga, dan ia lebih menyenangkan daripada berlari mengitari lapangan. Meskipun seks tidak membakar seluruh lemak yang anda miliki, aktivitas seks mampu membakar sekitar 30 kalori untuk setiap 20 menitnya.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung


Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kehidupan seks yang aktif berkorelasi erat dengan hidup yang lebih lama. Secara khusus, seks dapat menurunkan risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung lainnya. Sebuah studi di Irlandia pada tahun 1997 menemukan bahwa dengan melakukan hubungan seks tiga kali atau lebih dalam seminggu, pria dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke menjadi setengahnya. Baru-baru ini, pada tahun 2010, New England Research Institute melakukan studi besar yang membuktikan bahwa seks dua kali seminggu mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 45 persen.

4.  Mengatur Kadar Hormon


Mengapa kadar hormon yang baik dapat membantu hidup lebih sehat? Karena pada wanita, profil hormon yang sehat dapat meningkatkan siklus menstruasi yang teratur dan mengurangi gejala menopause yang negatif.

5.  Menyembuhkan Sakit Kepala dan Mengurangi Rasa Sakit


Bagaimana bisa? Saat berhubungan seks, hormon oksitosin akan dilepaskan keseluruh tubuh, dan hormon ini dapat mengurangi nyeri. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Buletin Experimental Biology and Medicine, relawan yang menghirup uap oksitosin dan kemudian jarinya ditusuk, merasakan hanya setengahnya sakit seperti orang lain yang tidak menghirup oksitosin.

6.  Mengurangi Stres dan Menurunkan Tekanan Darah


Manfaat lain dari oksitosin yang dilepaskan selama orgasme adalah ia dapat menenangkan saraf. Studi yang dilakukan pada tikus laboratorium telah menunjukkan bahwa oksitosin melawan efek kortisol (hormon stres). Seks juga membantu tidur lebih baik. Ketika pasangan anda tertidur dan mulai mendengkur setelah pertarungan di tempat tidur, itu bukan hanya kelelahan fisik. Oksitosin tidak hanya menenangkan, tetapi juga secara khusus merangsang tidur.

7.  Mengurangi Risiko Kanker Prostat


Pada tahun 2003, peneliti Australia menerbitkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa semakin sering pria ejakulasi antara usia 20 hingga 50 tahun, semakin kecil kemungkinan mereka untuk terkena kanker prostat. Menurut penulis penelitian tersebut, laki-laki yang berumur dalam kisaran 20 tahun-an mungkin harus ejakulasi sekali sehari. Sebuah studi serupa yang dilakukan setahun kemudian pada tahun 2004 oleh National Cancer Institute menunjukkan bahwa pria yang ejakulasi setidaknya lima kali seminggu, kurang mungkin untuk terserang kanker prostat.

8.  Mengurangi Risiko Kanker Payudara


Selain laki-laki, wanita juga memperoleh manfaat pencegahan kanker dari hubungan seks. Sebuah studi menunjukkan bahwa perempuan yang berhubungan seks secara vaginal memiliki lebih sedikit risiko kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak.

9.  Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dan Mood


Manfaat psikologis dari kehidupan seks yang sehat adalah sangat banyak. Perasaan melayang di langit ketujuh setelah berhubungan seks berlangsung bahkan lebih lama dari yang dipikirkan. Menurut Dr. Goldstein, kehidupan seks yang sehat mengarah pada kepuasan jangka panjang dengan meningkatkan kesehatan mental seseorang dan juga kemampuan untuk berkomunikasi secara jujur ​​dan intim. Orang-orang yang aktif secara seksual lebih kecil kemungkinannya untuk menderita alexithymia, yang merupakan ciri kepribadian yang ditandai oleh ketidakmampuan untuk mengekspresikan atau memahami emosi. Dengan kata lain, orang-orang yang berhubungan seks dapat mengekspresikan diri mereka lebih baik. Semakin sering Anda melakukan hubungan seks, semakin sedikit depresi dan stres yang Anda miliki.

10.  Mencegah Preeklampsia



Preeklamsia adalah suatu kondisi yang cukup umum di mana hipertensi muncul selama kehamilan. Yang cukup menarik, sejumlah studi telah menunjukkan bahwa jika seorang wanita telah memiliki eksposur yang cukup terhadap air mani pasangannya sebelum terjadinya pembuahan, ia secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan preeklamsia.
Share this article :
 
Comments
2 Comments

+ comments + 2 comments

20 Agustus 2013 01.13

info yang sangat menarik..mungkin untuk kesehatan tidur malam yang lebih baik

Anonim
8 Desember 2013 10.47

Informasi anda sangat bermanfaat,terimakasih,

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger