Tanda dan Gejala Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang berkembang dari sel-sel payudara. Kanker payudara biasanya dimulai dari lapisan dalam saluran susu atau lobulus. Kanker payudara yang dimulai dalam lobulus dikenal sebagai karsinoma lobular, sementara yang terjadi dalam saluran susu disebut karsinoma duktal.


Kanker payudara adalah kanker invasif yang paling umum pada wanita di seluruh dunia. Kanker jenis ini menyumbang 16% dari semua kanker yang menyerang wanita dan 22,9% dari kanker invasif pada wanita. Sebanyak 18,2% dari semua kematian akibat kanker di seluruh dunia, termasuk laki-laki dan perempuan, berasal dari kanker payudara.

Sebagian besar kanker payudara mempunyai prognosis yang lebih baik jika dilakukan perawatan pada fase awal perkembangannya. Oleh karena itu, deteksi dini dari tanda dan gejala kanker payudara akan sangat penting, apalagi pada wanita dengan risiko tinggi terkena kanker payudara.

Angka kejadian kanker payudara jauh lebih tinggi di negara maju dibandingkan dengan negara berkembang. Ada beberapa alasan terjadinya fenomena ini, dengan kemungkinan harapan hidup menjadi salah satu faktor kunci - kanker payudara lebih sering terjadi pada wanita lansia; perempuan di negara-negara maju hidup lebih lama dibandingkan di negara-negara berkembang. Para ahli juga meyakini gaya hidup dan kebiasaan makan yang berbeda dari perempuan di negara-negara maju dan berkembang jugamenjadi faktor penyebab.

Tanda dan gejala kanker payudara

Suatu gejala hanya dirasakan oleh pasien, dan dapat dijelaskan ke dokter atau perawat, seperti sakit kepala atau sakit, sedangkan tanda adalah sesuatu yang pasien dan orang lain dapat mendeteksinya, misalnya ruam atau pembengkakan.
Gejala awal kanker payudara ini biasanya ditandai dengan penebalan suatu area dari jaringan di payudara wanita, atau terkadang ditemui benjolan. Walaupun mayoritas benjolan bukanlah kanker, namun, bila menemui benjolan di payudaranya, seorang wanita harus segera memeriksakan diri ke ahli kesehatan.

Menurut National Health Service, Inggris, wanita yang mendeteksi tanda-tanda atau gejala berikut harus segera memeriksakan diri: 

  • Adanya benjolan di payudara
  • Rasa sakit di ketiak atau payudara yang tampaknya tidak terkait dengan periode menstruasi
  • Pitting atau kemerahan pada kulit payudara; terkadang seperti kulit jeruk
  • Ruam di sekitar (atau diatas) salah satu puting
  • Pembengkakan (benjolan) di salah satu ketiak
  • Penebalan sebuah area dari jaringan di payudara
  • Salah satu puting mengelupas, kadang-kadang mungkin mengandung darah
  • Perubahan puting dalam penampilan, mungkin menjadi cekung atau terbalik
  • Perubahan ukuran atau bentuk payudara
  • Kulit puting susu atau kulit payudara mulai mengelupas, bersisik atau menyerpih.
  


Share this article :
 
Comments
24 Comments

+ comments + 24 comments

30 Mei 2014 11.40

takut juga ya,
semoga saja tidak mengalaminya, kita sebagai wanita harus waspada karena kanker payudara saat ini sudah menjadi pembunuh yang sangat ditakutkan kaum wanita, jika ada mohon tips tips tentang pengobatan apa saja untuk pnyakit ini, thx

25 Juni 2014 17.54

Tahun lalu saya melakukan operasi d payudara kiri Karena ada benjolan.dokter bilang kalo itu tumor jinak.benjolan tersebut sudah d angkat,tapi samped skrg saya masih merasakan nyeri sakit.apalagi setelah makan.apakah itu efek umum setelah operasi atau ada tanda2 lain.mohon balasan infonya.

8 September 2014 14.35

Musibah terkena kanker payudara bagi seorang wanita, namun kesembuhan masih bisa diharap

Sembuh dari kanker payudara
Narachin.com/kankerpayudara

19 September 2014 07.54

Saya tertarik dengan tulisan anda, menurut saya tulisan anda sangat inspiratif
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai kesehatan yang bisa anda kunjungi di http://ps-ik.gunadarma.ac.id

Serem juga ya kanker payudara

18 April 2015 22.03

kesehatan begitu berharga dan tidak dapat ditukar dengan rupiah, menjaga lebih baik dari pada mengobati. salam sehat selalu

21 April 2015 22.54

Dengan adanya pengenalan tanda maupun gejala kanker payudara ini semoga kita semua bisa mengantisipasinya sejak dini. Terima kasih kepada Admin yang telah berbagi.

klo ngerasain gejala-gejala tersebut, lebih baik segera di periksa...

13 Mei 2015 21.27

Saya mempunyai benjolan dipayudara sebelah kanan, saya takut ? Menurut anda saya harus bagaimana

18 Mei 2015 07.51

Saya baru tau kalau kanker payudara juga bisa menyebabkan kematian

23 Mei 2015 04.36

Umur saya 21 tahun..
Seminggu ini saya merasakan adanya benjolan yg d sertai rasa sakit d daerah ketiak saya yg sebelah kiri..
Tapi benjolan itu menhilang dengan sendiri nya lalu datang lagi setelah beberapa hari dan berpindah posisi agak kebawah..
Seberapa cepat penyeberan kanker itu sendiri ya dok?
Mohon penjelasan nya..
Terima kasih

22 Juni 2015 07.50

Thanks for the information

terimkasih banyak, pembahasan yang bermanfaat

Terimakasih atas informasinya.

28 Agustus 2015 20.05

mantap dah artikelnya komplit gan

4 Oktober 2015 14.14

terimakasih informasi gejalanya ini

24 Januari 2016 00.32

Umur saya 19 tahun, saya ingin bertanya, seumuran saya wajar jika ada gumpalan didalam payudara, tetapi dipayudara saya yang sebelah kanan terdapat gumpalan dusertai benjolan sebesar telur didalam payudara saya, jika benjolan itu saya tekan dia bergerak gerak, tetapi saya tidak merasakan sakit apa apa, mohon sekali penjelasannya agar saya bisa mengetahuinya sejak dini, terimakasih:)

Anonim
31 Januari 2016 21.40

Jumat malam kmrn sy merasa ada nyeri sedikit di payudara sebelah kiri. Saat saya sentuh terasa ada benjolan kecil. Saya ingin segera periksa ke dokter. Dokter specialis apa ya yg hrs sy temui? Thanks

7 Maret 2016 09.52

Asslmuaikm kk,sya pnya benjolan di dada.awl ye gatal,stelah it brbh wrna hitam.ketika sya pencet skt sampai ke sendi,ap itu termasuk gejala kanker kk. Mksh kk

28 Maret 2016 16.10

Assalamualaikum. Sy sering merasa gatal dan sakit di sekitar payudara. Cuma sy takut untuk periksa ke dokter. Kalo sy raba sy bingung ini benjolan ato emang buah susunya. Apa itu jg merupakan gejala? Klo mau periksa ke spesialis apa?

28 Maret 2016 16.18

Assalamualaikum. Sy sering merasa gatal dan sakit di sekitar payudara. Cuma sy takut untuk periksa ke dokter. Kalo sy raba sy bingung ini benjolan ato emang buah susunya. Apa itu jg merupakan gejala? Klo mau periksa ke spesialis apa?

Kalau ada sedikit seperti benjolan itu apa termasuk kanker payudara yah,,,?

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger