Metode Herbal untuk Hilangkan Fluoride dari Air Minum

Para peneliti di India telah mengembangkan sistem pemfilteran menggunakan ramuan obat, yang mereka katakan dapat dengan cepat dan mudah menghilangkan fluoride dari air minum.
Teknologi yang dijelaskan dalam edisi Maret dalam the International Journal of Environmental Engineering tersebut menggunakan bagian tanaman Tridax procumbens sebagai filter BioCarbon untuk ion.

Air minum dapat mengandung fluoride alami atau mungkin fluoride yang ditambahkan sebagai bahan pelindung untuk gigi oleh perusahaan air minum. Namun, kehadirannya bukan tanpa kontroversi, karena di beberapa daerah, kadar fluoride alami dalam air mungkin sudah di atas ambang batas yang dianggap aman oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Kimiawan Malairajan Singanan dari the Presidency College, di Chennai, menekankan bahwa pedoman WHO menunjukkan tingkat yang aman dari fluoride adalah 1,5 miligram per liter.
Dia menambahkan bahwa berbagai teknik untuk mengurangi kadar fluoride sudah dicoba, termasuk koagulasi, adsorpsi, presipitasi, pertukaran ion, reverse osmosis, dan elektrodialisis. Namun, logam ion dengan afinitas untuk fluoride dalam matriks BioCarbon merupakan pendekatan baru yang menjanjikan.
Singanan telah menyelidiki Tridax procumbens, yang biasa digunakan sebagai ramuan obat di India, sebagai penyerap BioCarbon untuk fluoride. Sebelumnya, tanaman tersebut telah diuji dalam ekstraksi logam berat beracun dari air. Dia menjelaskan bahwa dengan menyampurkan jaringan tanaman Tridax procumbens dengan ion aluminium memungkinkan untuk membuat filter BioCarbon aman yang akan menyerap ion fluoride dari air yang dihangatkan sekitar 27 derajat celcius melewati filter.
Percobaannya menunjukkan bahwa dibutuhkan hanya tiga jam untuk menghilangkan 98% fluoride dengan hanya 2 gram filter BioCarbon.
Filter BioCarbon memberikan alternative cara yang murah untuk defluoridate air di daerah di mana tingkat fluoride alaminya tinggi dalam air tanah, seperti di India, Cina, Sri Lanka, Hindia Barat, Spanyol, Belanda, Italia, Meksiko, Amerika Utara dan Selatan. Tekhnik ini juga dapat diadaptasikan untuk konsumen yang ingin mengurangi paparan terhadap fluoride, di mana fluoride biasa ditambahkan ke pasokan air untuk alasan kesehatan masyarakat.

Baca juga: Fakta Ilmiah Mengenai Efek Biologis dari Fluoride.

Sumber: http://www.inderscience.com

Semoga bermanfaat dan dapat di-share dengan yang lain.... :)


Share this article :
 
Comments
2 Comments

+ comments + 2 comments

11 April 2013 10.23

tpi obatnya apa gak punya efek samping ya?

6 Mei 2015 14.30

terima kasih infonya gan

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger