5 Manfaat Kesehatan dari Bawang Putih


Anda tidak menyukai bawang putih? Coba pikirkan kembali. Walaupun bentuknya yang kurang menarik dan rasanya yang juga kurang enak, akan tetapi bawang putih sebenarnya merupakan salah satu makanan yang mempunyai efek penyembuhan yang paling kuat yang dapat dimasukkan ke dalam diet harian. Meskipun mempunyai banyak manfaat penting, pada kesempatan ini hanya akan dipaparkan 5 manfaat utama yang ditawarkan oleh bawang putih.

1. Meningkatkan Imunitas

Adalah mutlak penting untuk meningkatkan imunitas tubuh secara alami untuk menjaga kesehatan kita. Sistem kekebalan tubuh bertanggung jawab untuk menghancurkan ancaman biologis yang masuk ke dalam tubuh sebelum berubah menjadi bentuk manifestasi dari penyakit. Sering terkena flu, pilek, atau merasa kondisi badan menurun merupakan tanda bahwa sudah waktunya untuk meningkatkan imunitas tubuh, sebelum kondisi yang lebih serius memanfaatkan kelemahan ini. Salahsatu cara yang paling baik adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat membantu meningkatkan imunitas. Bawang putih telah digunakan selama lebih dari 5.000 tahun sebagai makanan obat oleh bangsa Mesir dan Yunani Kuno karena kemampuannya untuk melawan penyakit.
Kaya akan vitamin C dan potasium, bawang putih juga dapat membantu proses pencernaan. Kita telah mengetahui selama ini bahwa kesehatan pencernaan tidak hanya merupakan bagian integral dari kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga kesehatan mental.

2. Secara alami Mengurangi Tekanan Darah

Sebagian besar obat penurun darah modern disertai dengan efek samping, bahkan beberapa ada yang mematikan. Bawang putih hadir dengan berbagai manfaat tambahan dan sebagian besar tak terduga. Bawang putih secara unik mampu mempengaruhi otot polos arteri untuk lebih rileks dan membesar, sehingga secara langsung dapat menurunkan tekanan darah secara alami.
"Ilmuwan Amerika pertama kali menguji manfaat bawang putih pada tekanan darah tinggi pada tahun 1921. Bawang putih secara konsisten menurunkan tekanan darah pada hewan laboratorium"- The Food Pharmacy: Dramatic New Evidence That Food Is Your Best Medicine oleh Jean Carper.

3. Dapat Mengalahkan Antibiotik dalam Memerangi Penyakit yang umum

Meskipun telah diketahui (dan dipraktekkan) oleh sistem pengobatan tradisional selama ribuan tahun, Washington State University telah mengkonfirmasi bahwa bawang putih sebenarnya lebih efektif daripada obat antibiotik dalam memerangi bakteri yang sangat umum dikenal sebagai bakteri campylobacter. Bakteri ini menginfeksi sekitar 2,4 juta orang Amerika per tahun, yang menyebabkan penyakit pada saluran pencernaan.

Salah seorang pakar terkemuka menjelaskan:
"Orang-orang dahulu telah tahu bawang putih adalah penting dan memiliki manfaat kesehatan selama berabad-abad," kata Dr David W. Kraus.

4. Efektif memerangi Kanker

Mungkin manfaat yang paling terkenal dari bawang putih adalah kemampuannya untuk melawan kanker secara efektif dan tanpa efek samping. Hal ini diyakini karena fakta bahwa bawang putih meningkatkan produksi hidrogen sulfida. Peningkatan produksi hidrogen sulfida ini diperkirakan oleh para ilmuwan efektif dalam mencegah perkembangan kanker - terutama prostat, payudara, dan kanker usus besar.

Bahkan cancer.gov mengakui hubungan yang jelas antara konsumsi bawang putih dan pencegahan kanker:
"Beberapa studi populasi menunjukkan hubungan antara peningkatan asupan bawang putih dan penurunan risiko kanker tertentu, termasuk kanker perut, usus besar, esofagus, pankreas, dan payudara."

5. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Tahukah Anda bahwa bawang putih dapat membantu dalam mengeluarkan racun dari tubuh? Racun, tentu saja, adalah kontaminan yang tidak diinginkan yang mencakup segala sesuatu, mulai dari bahan kimia dan logam berat hingga parasit. Mengandung berbagai senyawa yang mengandung sulfur, bawang putih mampu merangsang enzim hati yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Selain itu, allicin dan selenium dalam bawang putih merupakan dua nutrisi penting yang juga membantu hati dalam melawan unsur-unsur beracun.

Semoga bermanfaat dan dapat dishare dengan yang lain...
J


Share this article :
 
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger