Aplikasi SprioSmart Memungkinkan Ponsel Secara Akurat Mengukur Kapasitas Paru


Ingin menguji kapasitas paru-paru Anda? Sebaiknya mencoba aplikasi ini

SprioSmart menggunakan mikrofon smartphone untuk melakukan pengukuran kapasitas paru-paru. Untuk orang dengan masalah paru seperti asma, penyakit paru obstruktif kronik dan cystic fibrosis, metode ini sangat mudah dilakukan dibandingkan dengan alat diagnostik konvensional.


"Ada kebutuhan besar di komunitas paru untuk membuat test yang lebih murah dan lebih nyaman," kata pemimpin peneliti Shwetak Patel, asisten profesor ilmu komputer dan teknik listrik University of Washington, dalam siaran persnya.

Saat ini, ada sistem test yang dikenal sebagai spirometer, yang harganya berkisar dari beberapa ratus dolar hingga beberapa ribu dolar. Cara kerja spirometer adalah dengan meminta pasien bernapas ke dalam tabung yang berisi turbin, sehingga mesin dapat mengukur kecepatan aliran napas. Hasil dari test ini memberitahu dokter apakah saluran nafas pasien tersumbat atau terisi lendir.

Tapi kelemahan spirometer adalah, biasanya orang yang perlu untuk mengukur aliran udara nafas mereka harus selalu membawa alat tersebut. Sehingga spirometer dirasa kurang memenuhi kebutuhan tersebut. Sebenarnya, ada juga aplikasi smartphone lainnya yang telah dibuat, namun tidak satupun yang saat ini direkomendasikan untuk penggunaan medis.

Aplikasi baru ini sedang diajukan untuk disetujui FDA (Food and Drug Administration)

Untuk membuat aplikasi SprioSmart, tim menciptakan suatu algoritma yang menggantikan tabung dan turbin dengan trakea dan saluran vokal, serta kemudian menggunakan mikrofon iPhone untuk memeriksa frekuensi gelombang suara dari napas seseorang.

Peneliti menguji program tersebut pada 52 subyek yang sehat (sebagian besar menggunakan iPhone 4S), dan menemukan bahwa aplikasi SpiroSmart memiliki tingkat kesalahan 5,1 persen dibandingkan dengan spirometer klinis, dan tergolong baik menurut pedoman yang ditetapkan oleh American Thoracic Society (tingkat kesalahan 5 sampai 7 persen).

Idealnya, Patel mengatakan bahwa ia berharap dokter dapat meresepkan aplikasi ini ke pasien mereka, yang kemudian dapat melaksanakan tes sendiri dengan menggunakan ponsel mereka. Kemudian, hasilnya dapat dikirim langsung ke dokter untuk dianalisis. Dia juga berharap juga ada versi lain yang tidak terhubung dokter dapat dibuat untuk orang-orang hanya ingin tahu tentang kapasitas napas mereka.

Untuk melihat cara kerja aplikasi SprioSmart, dapat dilihat dalam video di bawah ini:


Share this article :
 
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger