Vitamin D Saat Hamil Penting untuk Perkembangan Otak Anak



Para peneliti yang mempelajari sebanyak hampir 2.000 calon ibu menemukan adanya korelasi positif antara asupan vitamin D selama trimester pertama dan kedua dengan kemampuan mental dan motorik bayi. Anak-anak mendapatkan nilai yang lebih tinggi jika ibu mereka mengkonsumsi vitamin D yang cukup saat hamil, sementara anak-anak yang mempunyai nilai yang rendah terkait dengan kekurangan vitamin D. Penelitian ini dipublikasikan secara online dalam jurnal Pediatrics.


Kadar konsumsi vitamin D yang rendah dapat berarti IQ yang rendah pula

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di Pusat Penelitian Epidemiologi Lingkungan di Barcelona menunjukkan bahwa kadar vitamin D selama kehamilan "mungkin memiliki dampak penting di tingkat populasi."

Pakar Epidemiologi medis dan penulis utama, Dr. Eva Morales menambahkan bahwa ibu yang kekurangan vitamin D selama kehamilan secara tidak sengaja dapat menyebabkan anak-anak mereka memiliki IQ yang lebih rendah. Para peneliti memutuskan bahwa ibu dengan tingkat kekurangan vitamin D selama kehamilan memiliki anak-anak dengan skor rata-rata 2,6 dan 2,3 poin lebih rendah pada tes mental dan psikomotor dibandingkan dengan anak dari ibu yang mengkonsumsi cukup vitamin D selama kehamilannya. Dr. Morales dan rekan-rekannya juga meneliti faktor-faktor lain, seperti berat lahir anak, usia ibu, kelas sosial, kebiasaan minum atau merokok sang ibu, dan pendidikan ibu sebagai pertimbangan.

Berapakah kadar Vitamin D yang mencukupi?

Ibu -dan sebagian dari dari kita- sering bertanya-tanya berapa banyak kadar Vitamin D yang mencukupi?. Institute of Medicine menyarankan wanita hamil mendapatkan 600 internasional unit (IU) tetapi tidak lebih dari 4.000 IU per hari. Banyak organisasi, seperti Universitas Kedokteran Bruce Hollis Carolina Selatan, mengatakan bahwa 600 IU akan mendukung kesehatan tulang, tetapi kadar tersebut belum dapat mencukupi untuk mencegah penyakit lainnya. Direkomendasikan, ibu hamil harus menghabiskan 10 sampai 15 menit tanpa tabir surya di bawah sinar matahari selama jam sibuk serta mengkonsumsi suplemen, karena bahkan ikan dan telur tidak memberikan cukup vitamin D. Oleh karena itu, para ahli menyarankan sebanyak 5.000 atau 10.000 IU vitamin D untuk dikonsumsi.

Manfaat Vitamin D

Mengkonsumsi cukup vitamin D memiliki manfaat lain bagi wanita hamil, termasuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan diabetes yang berhubungan dengan kehamilan. Vitamin D pada ibu hamil juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan kesulitan pernafasan, seperti asma.

Walaupun para calon ibu tidak perlu khawatir mengenai mengkonsumsi terlalu banyak vitamin D, tetapi harus diperhatikan sampai mereka mengkonsumsi lebih dari 50.000 IU per hari (meskipun jumlah tersebut agak sulit untuk dicapai). Intake berlebihan ini dapat mengakibatkan kerusakan ginjal dan saraf serta kesulitan kardiovaskular karena lonjakan kalsium dalam darah.

Ada juga manfaat lain vitamin D, termasuk:

  • Mendukung sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi virus
  • Membantu mencegah kanker
  • Mendukung penurunan berat badan
  • Baik untuk kesehatan gigi

Sangat penting untuk memastikan para calon ibu untuk mendapatkan cukup vitamin D jika kurang memperoleh sinar matahari. Pastikan untuk menambah atau mengatur pola makan yang cukup mengandung Vitamin D.

Sumber: http://pediatrics.aappublications.org/content/early/2012/09/12/peds.2011-3289.short
Share this article :
 
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger