Tips Penerbangan yang Sehat Part 2 - Jet Lag



Jet lag merupakan hasil dari bepergian melintas beberapa zona waktu, menyebabkan gejala seperti kelelahan dan gangguan tidur. Jam biologis kita selaras dengan siklus siang-malam dari awal perjalanan kita, sehingga ketika kita bepergian ke zona waktu yang berbeda dengan cepat, seperti yang kita lakukan ketika terbang, tubuh kita masih berfungsi seolah-olah kita berada di zona waktu yang kita tinggalkan. Ini dapat terjadi antara 2 hari hingga 2 minggu untuk tubuh menyesuaikan sepenuhnya dengan zona waktu yang baru. Lama penyesuaian ini tergantung pada seberapa jauh Anda telah bepergian.

Juga, Anda mungkin merasakan bahwa ritme tubuh juga menyesuaikan pada tingkat yang berbeda. Sebagai contoh, pencernaan bisa beradaptasi lebih cepat daripada tidur.

Berikut adalah beberapa tips untuk meminimalkan efek jet lag:

  • Mengatur jam Anda ke zona waktu tujuan Anda sebelum Anda berangkat.
  • Jika terbang kearah BARAT: usahakan tetap terjaga selama anda mampu ketika sampai di tujuan. Hal ini membantu anda untuk mempersingkat ritme alami tubuh. Juga, jika bisa, cobalah tidur dan bangun sedikit siang dalam beberapa hari sebelum bepergian.
  • Jika terbang TIMUR: cobalah untuk tidur di pesawat ketika sedang malam waktu di tempat tujuan. Ketika tiba, cobalah untuk tidak tidur di siang hari, karena akan memakan waktu lebih lama bagi jam biologis tubuh untuk mengubah zona waktu yang baru. Anda juga dapat mempersiapkan diri untuk penyesuaian dengan bangun tidur lebih awal selama beberapa hari sebelum bepergian.
  • Ketika tiba di tempat tujuan, ikuti rutinitas lokal sesegera mungkin.
  • Di tempat tujuan, cobalah untuk tinggal di luar selama siang hari sebanyak yang Anda bisa, karena cahaya alami membantu jam tubuh untuk menyesuaikan diri.
  • Jika bepergian ke barat, keluarlah dari ruangan di pagi hari dan tinggal di dalam ruangan di sore hari untuk beberapa hari pertama: jika bepergian timur, hindari cahaya pagi dan cobalah untuk mendapatkan lebih banyak cahaya luar ruangan di sore hari.
  • Jika Anda akan melakukan perjalanan singkat, misalnya jika Anda adalah anggota aircrew atau hanya berbisnis, maka tidak masuk akal untuk mencoba dan beradaptasi dengan zona waktu setempat, mungkin lebih baik disarankan untuk menjaga zona waktu Anda di rumah.
 Tips Penerbangan yang Sehat Part 1
Share this article :
 
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger