Olahraga Membantu Sistem Kekebalan Melindungi Tubuh dari Kanker





Setelah menyelesaikan kemoterapi, penderita kanker yang berolahraga selama beberapa minggu memiliki  sistem kekebalan tubuh yang lebih efektif menghadapi kanker, yang pada gilirannya, mencegah kanker berkembang di masa depan.

Temuan yang berasal dari studi pendahuluan yang disajikan dalam pertemuan “The Integrative Biology of Exercise VI” tersebut dapat membantu para ilmuwan memahami mengapa olahraga dapat sangat mengurangi risiko kanker sekunder pada penderita kanker, atau dalam kasus di mana bisa menurunkan risiko sama sekali pada individu yang tidak pernah didiagnosis kanker.

Sebuah tim ahli, yang dipimpin oleh Laura Bilek dari University of Nebraska Medical Center, meneliti sekelompok 16 orang penderita kanker yang berpartisipasi dalam program latihan yang dilaksanakan selama dua belas minggu. Dalam penelitian tersebut, sel-sel T dalam darah relawan diperiksa sebelum dan setelah selesai latihan.

Analisis menunjukkan bahwa sebagian besar dari sel-sel kekebalan tubuh berubah dari bentuk yang “uzur” ke bentuk yang lebih baik. Ini berarti bahwa sel tersebut berubah dari bentuk yang tidak efisien dalam memerangi kanker ke bentuk yang siap untuk melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.

Manfaat Olahraga dalam Sistem Kekebalan Tubuh

Penelitian-penelitian sebelumnya telah menemukan banyak asosiasi antara olahraga dan kanker, diantaranya:
  • bahwa olahraga dapat mengurangi kemungkinan terkena beberapa jenis kanker
  • bahwa olahraga dapat meningkatkan prognosis pada penderita kanker
  • bahwa olahraga dapat mengurangi kemungkinan kekambuhan dan perkembangan kanker sekunder.

Karena penyebab hubungan ini telah diketahui, dan beberapa laporan telah tersirat bahwa olahraga dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melindungi terhadap penyakit, para ahli dalam penelitian ini dikumpulkan untuk menentukan bagaimana latihan fisik dapat secara khusus berdampak terhadap sistem kekebalan tubuh pasien kanker.

Sel T, jenis sel kekebalan yang melindungi terhadap agen infeksi dan sel-sel kanker, adalah titik fokus dalam penyelidikan terhadap penderita kanker yang baru saja selesai menjalanai kemoterapi.

Percobaan terakhir menunjukkan bahwa sel T menjadi makin uzur setelah kemoterapi, sehingga menyebabkan pasien kanker kurang mampu melawan penyakit dan infeksi.

Sehingga, Bilek menjelaskan, merekonstruksi populasi sel T “uzur” merupakan hal yang penting bagi sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi dengan baik sehingga dapat melawan kanker.

Untuk mengidentifikasi jumlah sel T yang ‘uzur” dan yang masih efektif, sampel darah dari semua peserta diambil dan dianalisis. Mereka kemudian mengambil bagian dalam program latihan di Rocky Mountain Cancer Rehabilitation Institute yang berlangsung selama dua belas minggu. Program-program tersebut dibuat khusus secara individual, yang terdiri dari latihan kekuatan dan ketahanan, latihan kardiovaskular, dan latihan untuk postur, fleksibilitas dan keseimbangan, dengan latihan ekstra di daerah di mana partisipan merasa paling lemah.

Para ahli mengambil darah dari subyek setelah 12 minggu, dan dilakukan tes lain untuk menguji sel T mereka. Analisis kedua ini menunjukkan bahwa proporsi sel “uzur” ke sel T efektif meningkat pada sebagian besar pasien.

Bilek menjelaskan, "Apa yang kami sarankan adalah perbanyaklah beraktifitas fisik, aktifitas tersebut akan menyingkirkan sel-sel T yang tidak membantu dan membuat ruang bagi sel T yang mungkin bisa membantu."

Penelitian ini penting karena tidak hanya menekankan keuntungan dari latihan untuk pasien kanker dan penderita kanker, tetapi juga menunjukkan bagaimana hal ini dapat menguntungkan individu yang sehat.

Bilek menyimpulkan:
"Ada berbagai manfaat positif dari olahraga. Jika olahraga memang terbukti memperkuat sistem kekebalan tubuh dan berpotensi meningkatkan pengawasan kanker, ada satu alasan lagi kenapa masyarakat harus menjadwalkan olahraga sebagai kegiatan rutin sepanjang hari dan membuat olahraga sebagai salahsatu prioritas dalam hidup mereka. "
Jadi, tunggu apa lagi?? Berolahragalah setiap hari, mulai dari sekarang.. Mencegah selalu lebih baik bukan?


Share jika anda anggap artikel ini bermanfaat :)

Share this article :
 
Comments
1 Comments

+ comments + 1 comments

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger