Tinta Tato Bisa Sebabkan Infeksi



Bagi anda yang berniat untuk memasang tato, anda harus memikirkannya kembali.  Ketika anda datang ke salon tato, mungkin tempatnya sudah bersih, artis tato juga mungkin menggunakan teknik steril, tetapi Anda masih saja dapat berakhir dengan infeksi dari tinta yang terkontaminasi.

Studi pertama yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menggambarkan wabah 19 infeksi kulit  di New York State yang ditelusuri ke tinta tato pra-mixing yang sama.



Ketika otoritas kesehatan mengadakan penyelidikan secara nasional, mereka menemukan 32 infeksi ruam kulit lainnya yang mencurigakan terkait dengan empat merek tinta. Temuan ini dijelaskan dalam sebuah penelitian di CDC's Morbidity and Mortality Weekly Report. Selain cluster di New York, kasus yang sama juga dikonfirmasi di Colorado, Washington, dan Iowa.

"Anda dapat melakukan segalanya dengan benar di salon tato, akan tetapi masih ada potensi risiko yang orang-orang harus sadari," kata peneliti Byron S. Kennedy, MD, MPH, PhD. Kennedy adalah wakil direktur Monroe County Department of Public Health di Rochester, NY.
                                               
Kuman di Tinta Tato

Otoritas kesehatan masyarakat mulai menyadari masalah tersebut setelah seorang pria 20 tahun yang sehat terjangkit infeksi ruam di sekitar tatonya baru-baru ini. 

Infeksi ini disebabkan oleh Mycobacterium chelonae, yang berhubungan dengan kuman yang sama yang menyebabkan kusta dan TBC. Mycobacterium chelonae suka hidup di air. Mereka biasanya tidak menimbulkan masalah bagi orang-orang dengan sistem kekebalan yang kuat.

Tapi menyuntikkan tinta di bawah kulit untuk membuat tato melewati banyak pertahanan alami tubuh dan dapat memungkinkan kuman untuk berkembang biak.

Begitu berkembang biak, infeksi mikobakteri sangat sulit diobati. Mikobakteri tersebut sering membutuhkan berbulan-bulan pengobatan dengan antibiotik untuk dibersihkan.

Setelah penyelidikan ekstensif, para peneliti menelusuri sumber wabah ke botol tinta abu-abu yang belum dibuka. Tinta abu-abu digunakan untuk menciptakan efek buram, berbayang sekitar tato. Tinta tersebut dibuat dengan mengencerkan tinta hitam dengan air.

"Tampaknya bahwa mungkin dalam kasus ini tinta tersebut diencerkan dengan air keran atau air non-steril, tapi kami tidak yakin," kata Linda Katz, MD, MPH, direktur Kantor Kosmetik dan Warna di FDA.

Ada baiknya anda berhati-hati, lebih baik mencehah daripada mengobati, bukan?
Share this article :
 
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger