Risiko Tumor Otak Meningkat 290% Setelah 10 Tahun Penggunaan Ponsel




Berapa lama Anda telah menggunakan ponsel? Selama ini hanya diketahui menggunakan perangkat mobile untuk waktu yang lama akan berakibat tidak baik bagi kesehatan, tetapi tidak secara gamblang menjelaskan seberapa besar kerusakan tersebut. Penelitian terbaru menguak sebuah fakta pada betapa signifikan penggunaan ponsel memiliki pengaruh jangka panjang pada otak. Dalam sebuah studi yang baru dirilis dilakukan di Hospita Orebro di Swedia, terungkap bahwa 10 tahun penggunaan ponsel mengakibatkan peningkatan rata-rata 290% risiko perkembangan tumor otak. Menariknya, perkembangan tumor ditemukan pada sisi kepala dimana ponsel paling sering digunakan.

Sangat penting untuk memahami bahwa penggunaan ponsel sudah naik signifikan sejak 10 tahun lalu, yang berarti bahwa hasil yang lebih baru mungkin menunjukkan risiko yang lebih tinggi. Secara statistik, rata-rata orang memiliki sekitar 2 ponsel masing-masing. Dengan peningkatan jumlah ponsel pada warga dunia, akan datang fenomena yang dikenal sebagai 'risiko ganda penggunaan ponsel'. Sama seperti dengan merokok, pada saat anda duduk di bus, pesawat, atau kereta api, anda akan terekspos beberapa ratus ponsel pada satu waktu.

Faktor lainnya adalah bahwa 10 tahun yang lalu, sangat jarang anak-anak menggunakan ponsel-walaupun menggunakan, hanya sebagai perangkat 'darurat'. Sekarang, sangat umum melihat anak di bawah 10 tahun chatting atau SMS pada ponsel mereka sepanjang hari. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa anak-anak lebih mudah terpengaruh oleh radiasi ponsel, misalnya gangguan perilaku yang dikenal berkembang dari penggunaan ponsel pada usia dini. Selain itu,  juga diketahui bahwa radiasi ponsel benar-benar merubah otak dengan cara yang belum dipahami.

Dengan kata lain, penggunaan skala besar global ponsel pada dasarnya adalah sebuah percobaan biologis besar. Efek jangka panjang hanya akan benar-benar diketahui ketika efek tersebut telah terjadi. Hasil penelitian ini akan menjadi lonjakan sejarah dalam pengetahuan mengenai tumor dan kerusakan otak akibat penggunaan ponsel.

Seperti yang kita tahu, cara terbaik untuk melindungi diri dari radiasi ponsel adalah hanya tidak menggunakannya. Ketika mematikan ponsel, mengurangi tingkat emisi mendekati nol. Hal ini tidak selalu menjadi pilihan bagi banyak orang, sehingga ada beberapa metode penting dalam mengurangi kerusakan akibat radiasi penggunaan ponsel:
  • Cobalah menggunakan pilihan 'speaker' pada ponsel Anda bila memungkinkan, dan peganglah ponsel di tangan jauh dari kepala Anda.
  • Matikan ponsel pada malam hari atau ketika tidak menggunakannya.
    Atur telepon dalam mode 'pesawat' jika tidak dapat mematikannya sepenuhnya.
  • Pilihlah ponsel yang benar-benar memperhatikan proteksi radiasi produknya. Sadarilah, bahwa ada sejumlah ponsel palsu di luar sana, jadi pastikan produk yang dibeli benar-benar aman.
Pada skala yang lebih besar, adalah penting untuk memberi tahu teman dan keluarga akan bahaya dari penggunaan ponsel. Gunakan ponsel dan perangkat mobile anda hanya pada saat benar-benar diperlukan.


Semoga bermanfaat dan dapat dishare dengan yang lain...
Share this article :
 
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger