Pentingnya Tidur Bagi Kesehatan


Mengapa Tidur Penting?
Tidur, seperti  aktivitas gizi dan fisik, merupakan faktor penentu penting dalam kesehatan. Tidur juga merupakan kebutuhan pokok bagi kesehatan bayi, anak, dan remaja untuk membantu dalam proses pertumbuhan tubuh. Kurang tidur dan gangguan tidur yang tidak diobati mempengaruhi pola dasar perilaku yang negatif serta dapat mempengaruhi kesehatan keluarga dan hubungan interpersonal.
Kelelahan dan kantuk dapat mengurangi produktivitas dan meningkatkan peluang untuk kecelakaan seperti kesalahan medis, atau kecelakaan kendaraan bermotor atau bahkan kecelakaan industri.
Tidur yang cukup diperlukan untuk:
  • Melawan infeksi
  • Mendukung metabolisme gula untuk mencegah diabetes
  • Mendukung keberhasilan anak-anak di sekolah
  • Bekerja secara efektif dan aman
Waktu dan durasi tidur yang tepat mempengaruhi sejumlah fungsi endokrin, metabolik, dan neurologis yang penting untuk pemeliharaan kesehatan individu. Jika tidak diobati, gangguan tidur dapat berhubungan dengan peningkatan risiko:
  • Penyakit jantung
  • Tekanan darah tinggi
  • Obesitas
  • Diabetes
  • Semua penyebab kematian
Tidur yang sehat harus menjadi perhatian khusus untuk individu dengan cacat kronis dan gangguan seperti arthritis, penyakit ginjal, nyeri, Human Immunodeficiency Virus (HIV), epilepsi, penyakit parkinson, dan depresi. Di antara orang dewasa yang lebih tua, konsekuensi kognitif dan medis dari gangguan tidur yang tidak diobati adalah dapat menurunkan kesehatan yang berhubungan dengan kualitas hidup, berkontribusi terhadap keterbatasan fungsional dan hilangnya kemandirian, dan berkaitan dengan peningkatan risiko kematian akibat sebab apapun.

Beberapa Gangguan Tidur
Beberapa penelitian mengatakan bahwa peluang untuk kurang tidur (didefinisikan sebagai seseorang yang tidur kurang dari 6 jam per malam) telah meningkat secara signifikan selama 30 tahun terakhir. Persaingan antara jadwal tidur, kerja, dan gaya hidup merupakan tren terbaru. Gangguan tidur sering dikaitkan dengan gaya hidup yang berhubungan dengan kelelahan sementara, disorientasi, dan kewaspadaan menurun.

Sleep-Disordered Breathing (SDB), yang meliputi gangguan tidur, merupakan ancaman serius bagi kesehatan. SDB ditandai oleh obstruksi jalan napas intermiten atau jeda dalam bernapas. Orang dengan SDB yang tidak diobati memiliki 2 sampai 4 kali risiko serangan jantung dan stroke. Obesitas merupakan faktor risiko yang signifikan untuk SDB, dan penurunan berat badan dikaitkan dengan pengurangan keparahan SDB tersebut.

SDB pada Anak:
Risiko SDB selama masa kanak-kanak dikaitkan dengan status sosial ekonomi rendah yang juga tergantung pada obesitas dan faktor risiko lainnya. Jika tidak diobati, SDB pada anak-anak dikaitkan dengan kesulitan di sekolah, gangguan metabolisme, dan risiko penyakit jantung di masa depan.

SDB pada Dewasa:
SDB dapat mempengaruhi 20 sampai 40 persen orang dewasa yang lebih tua dan jika tidak diobati, terkait dengan 2 – 3 kali lipat peningkatan risiko stroke dan kematian.
Share this article :
 
Comments
2 Comments

+ comments + 2 comments

Saya baru sadar betapa pentingnya tidur. Makasih atas informasinya

1 April 2016 13.08

Mantab artikelnya.. Sehat Herbal

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger