Mengkonsumsi Cokelat Dapat Menurunkan Risiko Stroke


Bertambah lagi bukti bahwa mengkonsumsi cokelat dalam jumlah sedang dapat menguntungkan jantung. Hasil penelitian dari sebuah studi baru pada pria Swedia menunjukkan bahwa hal itu juga dapat menurunkan risiko stroke.

Penulis utama penelitian, Susanna Larsson C., dari Institut Karolinska di Stockholm, mengatakan:
"Sementara penelitian lain telah melihat bagaimana cokelat dapat membantu kesehatan jantung, penelitian ini adalah yang pertama dari jenisnya yang menemukan bahwa cokelat mungkin bermanfaat untuk mengurangi stroke pada pria."
Awal tahun ini, peneliti dari University of California, San Diego juga melaporkan menemukan bahwa pemakan cokelat secara teratur cenderung untuk menjadi lebih kurus.

Untuk studi terbarunya, Larsson dan rekan-rekannya melakukan dua potong penelitian: studi prospektif besar pada pria Swedia, dan meta-analisis pada penelitian yang sudah diterbitkan.

Studi Prospektif
Pada bagian pertama dari penelitian, peneliti melakukan penyelidikan prospektif terhadap kelompok besar selama lebih dari 10 tahun, untuk melihat respon kuesioner dari 37.103 pria Swedia yang berusia 49-75 tahun. Kuesioner telah ditanyakan kepada beberapa orang tentang seberapa sering mereka mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman, termasuk cokelat.

Kemudian, dengan menggunakan Registry Rumah Sakit di Swedia, para peneliti mengidentifikasi 1.995 kasus stroke pertama di antara para pria selama 10 tahun setelah penilaian kuesioner mereka. Kasus-kasus stroke mencakup 1.511 infark serebral, 321 stroke hemoragik, dan 163 stroke tidak jelas

Mereka menemukan orang-orang yang makan cokelat dalam jumlah terbesar (63 gram per minggu), memiliki risiko 17% lebih rendah terkena stroke daripada pria yang tidak pernah atau sangat jarang makan cokelat. Dan jenis stroke tidak membuat perbedaan untuk angka ini.

Meta-Analisis
Dalam bagian kedua penelitian, tim mengumpulkan data dari lima penelitian yang mencakup 4.260 kasus stroke dan informasi mengenai konsumsi coklat.

Hasil analisis menunjukkan mereka yang banyak mengkonsumsi coklat memiliki risiko 19% lebih rendah untuk stroke dibandingkan mereka yang mengkonsumsi non-cokelat.

Hal ini juga menemukan hubungan dosis-respons, di mana untuk setiap tambahan 50 gram cokelat dikonsumsi per minggu, ada penurunan risiko stroke sekitar 14%.

Flavonoid dalam cokelat
Berspekulasi mengenai kandungan apa dalam cokelat yang dapat menjelaskan pengaruhnya pada risiko stroke, Larsson menjelaskan mungkin ada hubungannya dengan flavonoid yang ada didalamnya

Flavonoid, sekelompok senyawa polifenol yang dikenal memiliki efek biokimia dan antioksidan menguntungkan, muncul untuk melindungi terhadap penyakit kardiovaskular melalui antioksidan, anti-pembekuan dan anti-inflamasi, kata Larsson.

"Kemungkinan bahwa flavonoid dalam cokelat dapat mengurangi konsentrasi darah kolesterol jahat dan mengurangi tekanan darah," tambahnya.

Banyak peneliti mengatakan bahwa cokelat hitam yang baik untuk jantung, namun Larsson mengatakan sesuatu yang mengejutkan:
"... sekitar 90 persen dari asupan coklat di Swedia, termasuk apa yang dikonsumsi selama penelitian kami, adalah cokelat susu."
Share this article :
 
Comments
3 Comments

+ comments + 3 comments

1 September 2012 17.34

tapi kalau kebanyakan makan coklat katanya tidak baik untuk gigi ya,,,
terima kasih artikelnya...

25 November 2012 00.22

makasih Informasi nya bro, bisa di infokan lebih jelas coklat yang gimana nih? karena coklat skarang sudah banyak campurannya :D

8 April 2015 09.27

Selain cokelat hitam, resiko stroke juga bisa diturunkan dengan rajin minum kopi, sekitar 3 - 5 gelas setiap harinya kalo ga salah....

Thx bgt informasinya sangat bermanfaat...
kunjungan balik ke www.obatherbal.biz juga ya... ada informasi seputar jantung lemah disana :D yang tentunya sangat berkaitan erat dengan penyakit stroke..

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger