Mempersiapkan Kehamilan Sehat Sedini Mungkin

Mempersiapkan kehamilan sedini mungkin merupakan aspek yang sangat penting dalam proses kehamilan. Sederhananya, semakin sehat Anda seperti yang telah direncanakan, semakin besar kemungkinan Anda untuk memiliki bayi yang sehat. Sebaiknya anda mulai merencanakan kehamilan segera setelah Anda mulai memiliki rencana tentang memiliki bayi.

Organ bayi mulai terbentuk dalam beberapa minggu pertama kehamilan, mungkin sebelum Anda tahu bahwa Anda hamil. Karena ini adalah fase kritis tumbuh kembang sang bayi, semakin baik perencanaan yang Anda lakukan, semakin besar hasil yang bisa anda peroleh dalam hal kesehatan bayi Anda. Sayangnya, tidak ada metode yang sangat mudah untuk memiliki bayi yang sehat, tetapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan yang dapat meningkatkan peluang Anda untuk hasil yang baik.

Siapkan Tubuh Anda


Jika Anda telah siap, Anda dan pasangan bisa membuat beberapa perubahan yang lebih sehat sedini mungkin sebelum memulai kehamilan. Dengan demikian akan memastikan Anda punya cukup waktu untuk menjadikan perubahan itu menjadi rutinitas dan memiliki efek positif pada kesehatan. Akan tetapi, mungkin anda juga harus memperhatikan hal-hal berikut sebelum memutuskan untuk memulai kehamilan:
  • Jika Anda dan pasangan belum mendiskusikan tentang kehamilan. Beberapa pasangan suami istri mungkin belum sependapat mengenai mempercepat atau menunda kehamilan. Diskusikan hal ini dengan seksama, karena hubungan yang harmonis berdampak positif bagi sang bayi.
  • Jika Anda atau pasangan Anda berada pada pengobatan jangka panjang dan perlu rekomendasi untuk efeknya pada kehamilan atau konsepsi (ini mungkin terjadi bagi seorang wanita jika dia memiliki diabetes atau epilepsi).
  • Yang tak kalah penting, ingatlah sebagian besar pasangan tidak hamil secara langsung; itu normal, jika selama beberapa bulan anda belum melihat tanda-tanda kehamilan.

Mempersiapkan Kehamilan bagi Calon Ayah


Berhenti merokok.

Merokok dapat mengurangi kesuburan, dan istri laki-laki yang merokok memiliki kesempatan untuk hamil berkurang juga. Ayah yang merokok juga mempengaruhi kesehatan bayi mereka, sebelum dan setelah melahirkan, seperti risiko gangguan pernapasan dan meningkatkan kematian mendadak pada bayi.

Berhenti meminum minuman beralkohol.

Minuman beralkohol dapat mempengaruhi kualitas sperma dan membuat kecil kemungkinan untuk mendapatkan kehamilan yang sukses.

Minimalisir stress.

Hal ini dapat menyebabkan perubahan hormonal dalam tubuh, yang dapat menyebabkan masalah kesuburan.

Jaga suhu tubuh.

Sperma dibuat di sedikit di bawah suhu tubuh, jadi usahakan jangan menghabiskan waktu terlalu lama mandi air hangat dan pakailah celana pendek pria (boxer) untuk meningkatkan sirkulasi di sekitar testis.

Makan makanan yang bergizi.

Diet sehat dan olahraga teratur akan mengurangi stres dan meningkatkan kebugaran Anda secara keseluruhan.

Dan yang tak kalah penting, tunjukkan dukungan untuk istri Anda.

Mempersiapkan Kehamilan bagi Calon Ibu


Monitor berat badan Anda.

Berat badan yang sehat membantu pembuahan dan kehamilan membuat lebih nyaman. Diet penurunan berat badan harus benar-benar dikontrol agar dapat aman selama kehamilan, terutama disarankan untuk wanita yang mengalami kelebihan berat badan serius, tetapi harus disertai dengan selalu berkonsultasi dengan dokter Anda yang mungkin menyarankan rujukan ke ahli gizi. Berat badan kurang bisa membuat Anda kurang subur, sementara kelebihan berat badan menempatkan Anda pada risiko lebih besar untuk mengalami komplikasi, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes selama kehamilan. Ada juga risiko tinggi komplikasi selama persalinan dan kelahiran.

Berhenti merokok.

Merokok dalam kehamilan meningkatkan risiko keguguran, kelahiran lahir mati, prematur dan berat lahir rendah. Hal ini memiliki efek ke masa balita dan masa selanjutnya juga, terutama dengan meningkatkan resiko penyakit pernafasan.

Berhenti minum minuman yang mengandung alkohol.

Wanita yang sedang dalam proses untuk hamil harus menghindari alkohol sama sekali.

Konsumsi suplemen asam folat.

Asam folat - kadang-kadang disebut folat - adalah vitamin B penting yang telah terbukti untuk mencegah cacat tabung saraf (NTD) seperti spina bifida. Untuk itu, direkomendasikan bahwa Anda mulai mengkonsumsi suplemen sebelum Anda mulai mencoba untuk hamil, karena NTDs terjadi pada awal kehamilan. Dosis yang dianjurkan adalah 400mcg per hari. Asam folat juga ditemukan dalam sayuran hijau tua, jeruk, roti gandum dan sereal sarapan. Masalah makanan sehat untuk pembuahan dan kehamilan akan kami tampilkan di artikel yang terpisah.

Berhubungan Seks di Saat yang Tepat


Tentu saja ini sudah jelas, akan tetapi yang perlu dicatat adalah bahwa seks yang teratur meningkatkan kesempatan untuk hamil. Manfaatkan waktu yang paling subur dan pastikan Anda bercinta secara teratur sekitar tanggal tersebut.


Wanita kebanyakan berovulasi satu kali selama setiap siklus, dan waktu yang paling mungkin untuk konsepsi adalah 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Juga periksa cairan vagina Anda - ia akan memiliki konsistensi yang berbeda ketika berada di masa paling subur. Anda akan mengetahui apa yang terlihat dan terasa normal bagi Anda, dan bisa melihat perubahannya, jika Anda melakukan ini secara teratur.


Baca juga: Tanda Awal Kehamilan
Share this article :
 
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger