Dapatkah Layar Komputer Merusak Mata?


Mata yang sehat


Dua puluh tahun lalu, hanya beberapa karyawan kantor yang menggunakan komputer, apalagi perorangan. Namun dengan peningkatan dramatis penggunaan komputer di rumah dan kantor, keluhan kelelahan dan ketidaknyamanan mata biasa dikeluhkan. Banyak orang beranggapan penggunaan komputer meningkat adalah sumber dari keluhan-keluhan ini. Tapi pengujian ekstensif di laboratorium pemerintah dan swasta belum menghasilkan bukti ilmiah bahwa monitor komputer akan membahayakan mata anda. Penelitian telah membuktikan bahwa monitor komputer sedikit atau bahkan tidak memancarkan radiasi berbahaya, seperti x-ray, atau radiasi non-ionisasi, seperti sinar ultraviolet.


Sementara komputer telah dikenal tidak memberikan efek yang merugikan pada penglihatan, akan tetapi pengguna komputer sering mengeluhkan gejala terkait mata seperti kelelahan mata, sakit kepala, kelelahan, mata kering, dan kesulitan untuk fokus. Gejala-gejala ini (Computer Vision Syndrome-CVS) adalah bukan disebabkan oleh layar komputer itu sendiri melainkan oleh kondisi sekitar layar komputer, seperti pencahayaan yang buruk atau penempatan yang tidak tepat dari peralatan dan furnitur komputer. Dalam beberapa kasus, masalah mata yang sudah ada sebelumnya dapat menjadi penyebab dari gejala-gejala tersebut.

Mengapa Kita Merasakan Kelelahan mata?


Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gejala kelelahan mata. Ketika otot bagian dalam mata yang mengontrol fokus bekerja terlalu keras, gejala kelelahan mata dapat terjadi. Di banyak kasus, gejala ini tidak akan segera terjadi, melainkan  setelah bekerja beberapa jam. Ketika otot mata menjadi lelah, mata mungkin merasa tidak nyaman atau sakit.Penglihatan mungkin kadang-kadang kabur serta sakit kepala ringan dapat terjadi jika mata terus bekerja. Dalam beberapa kasus, otot di dalam mata bisa menjadi begitu lelah sehingga tidak dapat sepenuhnya fokus, yang menyebabkan jarak penglihatan kabur.

Hal-hal berikut dapat memberikan kontribusi untuk kelelahan mata:
  • Setelah membaca atau menggunakan komputer pada jarak yang jauh terus menerus waktu yang panjang. Bahkan jika seseorang memiliki kemampuan fokus yang memadai, dengan fokus pada jarak tertentu secara terus menerus bisa menyebabkan kelelahan lensa.
  • Setelah membaca atau bekerja pada jarak sangat dekat. Ini membutuhkan jauh lebih fokus dan menyebabkan kelelahan lebih cepa
  • Menggunakan kacamata baca yang tidak memadai, atau menggunakan kacamata yang tidak lagi relevan dengan masalah mata
  • Bekerja dalam situasi dengan pencahayaan yang tidak memadai, atau dengan silau dari lampu di atas kepala
  • Memiliki masalah mata lainnya yang mendasari, seperti alergi mata atau mata kering.


Apa yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mengatasi Kelelahan mata?


Kelelahan mata tidak akan secara permanen merusak mata atau menyebabkan kehilangan penglihatan. Namun bisa sangat tidak nyaman dan menyebabkan hilangnya produktivitas. Setiap kita yang menggunakan komputer dapat mengambil tindakan untuk mengurangi masalah ini.

Lakukanlah Pemeriksaan Mata

American Academy of Ophthalmology menyarankan agar Anda memulai dengan pemeriksaan mata yang komprehensif. Ini selalu merupakan awal yang baik setiap kali anda mengalami gejala seperti sakit kepala, ketegangan mata, penglihatan kabur, iritasi mata, penglihatan ganda, air mata berlebihan, mata kering, nyeri di mata, berkedip atau menyipitkan mata berlebihan. Pemeriksaan akan membantu mendeteksi setiap kondisi mata yang mungkin timbul yang menyebabkan gejala kelelahan mata.

Koreksi Penglihatan

Melakukan pemeriksaan mata terutama penting jika anda memakai kacamata atau lensa kontak. Beri tahu dokter mata seberapa sering anda berada di depan layar komputer. Pada dasarnya, kacamata sebagian besar dibuat untuk mengoreksi jarak baca 16 inci, dan akan sangat penting menyesuaikan kacamata untuk lingkungan kerja tertentu. Disarankan bahwa layar komputer harus 20 hingga 26 inci dari mata Anda, dan kacamata dapat dibuat untuk mengakomodasi jarak ini. Kacamata Anda juga dapat ditambahkan lapisan anti-reflektif khusus untuk membantu mengurangi kelelahan mata. Jika Anda berumur lebih dari empat puluh, anda mungkin memerlukan sepasang kacamata yang mengoreksi mata anda dalam kondisi"normal" dan sepasang yang lain untuk mengoreksi penglihatan Anda ketika berada di depan layar komputer. Jika Anda lebih dari empat puluh dan memerlukan kacamata baca atau kacamata bifocal (dengan atau tanpa garis), kebutuhan untuk dua pasang terpisah dari kacamata mungkin bahkan lebih diperlukan.

Aturlah Peralatan Komputer Anda

Atus monitor, meja, dan kursi pada jarak dan ketinggian yang nyaman. Berapa jarak dan ketinggian ini dapat diperoleh dalam dokumentasi yang disertakan bersama produk komputer.


Sebagian besar pengguna lebih suka melihat jarak 20 hingga 26 inci, tapi jarak yang dianjurkan adalah antara 18 dan 28 inci, sedikit lebih jauh daripada membaca teks yang dicetak. Layar komputer harus ditempatkan sedikit di bawah ketinggian mata. Aturan praktis yang baik adalah bahwa pusat layar komputer harus 4 sampai 9 inci di bawah mata Anda, sehingga memungkinkan ntuk melihat ke bawah sedikit. Mengatur kecerahan monitor untuk intensitas yang nyaman bagi mata, tidak terang dan tidak redup. Kemudian menyesuaikan kontras karakter dan background pada monitor sehingga huruf mudah dibaca.

jarak komputer yang standar


Buat Pencahayaan yang Baik dan Kurangi Silau

Cobalah untuk memodifikasi pencahayaan untuk menghilangkan silau dan pantulan cahaya yang berlebihan. Jika membaca, usahakanlah sumber cahaya datang dari belakang, melewati bahu anda, sehingga membantu untuk mencegah masalah silau. Jika menggunakan komputer, karakter gelap di atas latar belakang putih atau terang, kurang melelahkan bagi mata daripada karakter warna-warni. Kadang-kadang filter kaca atau plastik dengan lapisan anti-reflektif di atas layar komputer dapat membantu mengurangi silau komputer.

Istirahatkan Mata Anda Secara Periodik

Ambil istirahat yang pendek dan sering ketika anda harus melihat monitor dalam jangka waktu yang lama dengan berfokus pada objek jauh selama beberapa detik. Setiap dua puluh menit, berdirilah, regangkan punggung dan leher anda. Sering-seringlah menggerakkan mata dan tubuh serta posisi Anda. Jika mata merasa semakin lelah, hindari posisi sangat dekat dengan apa yang Anda baca.

Hindari Mata Kering

Berkediplah! Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika melihat monitor komputer, ada kecenderungan alami kita mengurangi frekuensi berkedip. Semakin sedikit Anda berkedip, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengalami gejala mata kering, rasa pasir di mata, berat menutup mata, dll. Tingkat berkedip normal adalah rata-rata 12 kali per menit. Pengguna komputer biasanya berkedip 5 kali per menit. Semakin lama mata tetap terbuka antara berkedip, semakin besar kemungkinan kornea untuk dehidrasi, terbakar atau sakit. Lalu, walaupun akhirnya anda berkedip, tapi kerusakan, meskipun kecil dan mudah diperbaiki, sudah terjadi. Mata Anda pedih, rasa terbakar, menyengat dan merasa tidak tenang. Ketika meneteskan air mata, mata akan merasa lebih baik, kemudian proses tersebut mulai dari awal lagi. Ketika anda pulang bekerja, beristirahat, bahkan tertidur, maka tubuh Anda menyembuhkan dirinya sampai waktu berikutnya. Jika masalah kelelahan mata ini tidak segera ditanggulangi, akhirnya, gangguan terhadap jaringan kornea menyebabkan citra yang kabur bersamaan dengan gejala lainnya.
Pada akhirnya, tindakan terbaik adalah pencegahan. Aturlah peralatan kerja anda, terutama monitor komputer pada posisi yang benar. Buatlah pencahayaan yang baik di dalam ruangan kerja anda. Dan yang terpenting, istirahatkan mata secara periodik serta hindari mata kering.

“SAYANGI MATA ANDA DARI SEKARANG”.


Baca juga http://www.info-kes.com/2012/07/tips-sederhana-menyegarkan-kembali-mata.html untuk tips sederhana menyegarkan kembali mata ketika menggunakan komputer.

Share this article :
 
Comments
6 Comments

+ comments + 6 comments

20 Juli 2012 05.03

jaman sekarane emang semua pakai computer sering diforsir mas...jadi mau gimana lagi

20 Juli 2012 09.31

susah ya kalau sehari-hari kerja pake komputer...resiko itu mah...

Anonim
20 Juli 2012 11.11

dikantor komputer kerja,,,dirumah komputer entertain..hahaha

18 Oktober 2012 13.14

setiap hari saya kerja didepan komputer selama 8 jam..
sampai mata lelah ..

9 November 2012 11.15

terima kasih infonya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. trims

sangat bermanfaat dan inspiratif

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. info-kes.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger